China Memblok Email Milik Google alias Gmail

Gmail telah benar-benar diblokir di China, setelah enam bulan mengalami gangguan sensor pemerintah. Laporan Transparansi Google mengungkapkan lalu lintas Gmail di Cina seperti menjatuhkan batu dalam pemblokan pada tanggal 25 Desember.

 Pemerintah China belum mengaku bertanggung jawab atas penurunan mendadak dalam lalu lintas Gmail dari negara tersebut, tetapi seorang juru bicara Google mengatakan kepada Reuters: "Kami sudah memeriksa dan tidak ada yang salah di pihak kita."ucap jubir Google.

Kelompok anti-sensor GreatFire.org mengatakan sejumlah besar alamat Gmail terputus di China pada hari Jumat. Tidak mengherankan, juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina Hua Chunying mengatakan kepada Reuters bahwa dia tidak tahu apa-apa tentang pemblokiran Gmail.

Selama musim panas, sensor pemerintah Cina menjepit layanan Google, serta situs LinkedIn dan lainnya, pada malam ulang tahun ke 25 dari protes Lapangan Tiananmen.

Meskipun Gmail dipengaruhi dalam tindakan keras itu, pengguna di China masih bisa mengakses akun mereka menggunakan IMAP, POP dan SMTP. Tapi sekarang celah yang tampaknya telah ditutup. Jaringan pribadi virtual (VPN) adalah rute terakhir untuk mengakses layanan yang diblokir.

Google juga telah lama berurusan dengan pemerintah China yang mengakibatkan memindahkan mesin pencari ke Hong Kong dari China pada tahun 2010, menyusul tuduhan bahwa pemerintah telah menyusup ke akun Gmail milik aktivis terkemuka.


Sumber:TheNextWeb

0 Response to "China Memblok Email Milik Google alias Gmail"

Post a Comment